10 Tips Jitu Membuka Usaha Warnet Game Online [Bagian 1]

Usaha warnet game online adalah salah satu bisnis yang masih menjanjikan dan menguntungkan jika Anda mampu mengelolanya dengan baik dan benar. Sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa untuk membuka jasa warnet dan game online diperlukan modal yang tidak kecil.

Anda mungkin salah satu orang yang belum memulainya karena terkendala modal. Jika Anda beranggapan harus memulai usaha ini dengan modal besar, Anda salah. Banyak orang yang telah memulai bisnis warnet dan game online dengan modal kecil termasuk saya salah satunya.

Berpikiran untuk meminjam uang di bank untuk modal usaha. Tunggu dulu, sebelum mengajukan pinjaman ke bank yang dituju, Anda harus kalkulasi sebaik-baiknya. Jangan sampai, Anda hanya dibuat pusing karena tidak dapat mengelolanya dengan baik sehingga tidak mampu mebayara cicilan setiap bulannya.

Untuk memulai usaha warnet dan game online, Anda tidak diharuskan memiliki jumlah unit komputer yang banyak. Cukup sesuaikan budget yang ada di kantong, misalnya dengan 5 atau 10 unit PC saja saat launching.

Jika Anda buka 24 jam, pelanggan warnet ramai dan antriannya terlihat panjang, saya yakin Anda bisa menambah jumlah komputer secara bertahap menggunakan omset yang didapatkan pada bulan-bulan sebelumnya. Terlebih jika tarif warnet game online yang Anda berikan terbilang terjangkau, kisaran Rp 3.000 atau Rp 4.000.

Bagi Anda yang belum pernah terjun pada bisnis ini, berikut 10 tips memulai usaha warnet game online yang harus diketahui dengan modal kecil. Plus, spesifikasi komputer warnet, cara menentukan tarif billing, dan akumulasi perhitungan pemasukan dan pengeluaran operasional warnet game center.

1. Lokasi Strategis

Salah satu faktor yang jadi penyebab warnet game online sepi pengunjung atau mungkin sampai bangkrut karena asal saat ingin membuka usaha ini. Inilah yang menyebabkan kenapa Anda harus mencari lokasi yang ramai, strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan.

Sekalipun Anda ingin memulai bisnis warnet game online di desa atau kampung halaman yang jauh dari kota, tidak menutup kemungkinan akan berkembang dan menghasilkan omset besar karena Anda mencari lokasi warnet yang tepat.

Pelanggan akan malas ke tempat Anda jika lokasi yang Anda pilih sulit dijangkau, misalnya berada di gang yang sempit. Seharusnya, ketikan ingin menentukan lokasi warnet, Anda harus memilih daerah yang dekat dengan sekolah, pasar, atau area publik yang mudah terlihat.

2. ISP

Hal terpenting kedua yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuka usaha warnet game online adalah koneksi internet. Anda dapat berlangganan paket internet dari penyedia internet (ISP) sesuai dengan kebutuhan atau jumlah komputer yang ada.

Anda yang berada di kota, ada banyak pilihan ISP seperti Telkom IndiHome, Biznet, First Media dan lainnya. Tapi, jika tidak ISP Telkom Speedy atau IndiHome bisa menjadi alternatif, kecepatan internet yang ditawarkan Telkom juga tak kalah dibandingkan ISP swasta diatas, khususnya IndiHome dengan tawaran speed internet mulai dari 10 mbps.

Sebagai contoh, Anda ingin membuka usaha warnet dan game online dengan jumlah komputer klien 10 unit dan 1 unit komputer server maka kecepatan internet yang dibutuhkan adalah 3mbps. Dengan asumsi, pelanggan tidak ada yang “doyan” download film, lagu, dan senang membuka situs streaming.

Sebaliknya, Anda harus berlangganan paket 5-10 Mbps jika memang Anda memiliki 20-30 unit komputer klien dan banyak pelanggan yang senang bermain game sambil browsing, download dan nonton streaming film. Ini dimaksudkan agar pelanggan yang bermain game online tidak mengalami lagging, “patah-patah”.

Jika Anda memilih paket internet dengan besar bandwidth yang tidak sesuai dengan jumlah komputer warnet maka kecepatan koneksi internet menjadi lambat, terlebih jika semua komputer klien digunakan.

3. Fasilitas dan Desain Ruangan

Selain dua hal diatas, saat Anda ingin membuka usaha warnet game online juga harus memperhatikan fasilitas dan desain ruangan. Apakah Anda membuka warnet game center yang dilengkapi dengan furniture mewah, tempat parkir yang luas, ber-AC, Mushollah, kafe atau fasilitas lainnya yang setara dengan iCafe.

Jika tidak, usahakan Anda memiliki gambaran bagaimana desain ruangan warnet nantinya. Anda dapat melihat berbagai interior ruangan warnet yang ada di internet atau mengunjungi salah satu warnet game online di daerah Anda.

Dengan begitu, kita punya gambaran apakah warnet game online lesehan atau bukan yang akan dibangun. Dari pengalaman saya sendiri, banyak pelanggan yang tidak menyukai warnet game online yang duduk melantai (lesehan).

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan meja dan kursi, lebih bagus lagi kalau Anda menggunakan kursi gaming jika budget memadai tapi jika tidak, Anda harus membeli kursi dengan sandaran yang kokoh dan awet.

Anda yang ingin membuka warnet se-level iCafe bisa mengajukan permohonan branding warnet ke vendor VGA atau motherboard seperti NVIDIA, Gigabyte, MSI atau yan lain.

Fasilitas warnet game online lain yang juga harus Anda perhatikan seperti jasa peminjaman mouse gaming, kabel data, dan card reader. Dengan memberikan fasilitas yang lengkap dan dibutuhkan oleh pelanggan, akan menjadi “daya tarik” tersendiri agar mereka merasa “dimanjakan” dan tidak pindah main ke warnet lain.

4. Perangkat Pendukung

Perangkat pendukung juga harus Anda perhatikan ketika ingin membukan usaha ini seperti routerboard MikroTik, modem, switch ataupun printer jika Anda ingin membuka usaha sampingan warnet. Perangkat ini cukup penting dan akan menunjang usaha Anda, khususnya hardware manajemen bandwidth seperti MikroTik untuk setting port game online.

Salah satu fungsi MikroTik yang sering digunakan adalah mengatur pemakaian bandwidth sehingga “jatah” kecepatan internet yang didapatkan merata, tidak saling berebut atau ada yang memonopoli. Bayangkan saja, jika ada warnet game online tidak menggunakan MikroTik, bisa dipastikan pelanggan akan mengeluhkan “lagging” atau “patah-patah” saat mencoba bermain game online sambil browsing dan menonton video streaming.

Begitu juga dengan modem, Anda harus memilih merek dan tipe modem terbaik saat berlangganan paket internet dari ISP tertentu. Jika salah memilih modem, besa kemungkinan koneksi internet sering bermasalah seperti koneksi tidak stabil atau sering “putus-putus”.

Sedangkan switch, sebaiknya Anda memilih switch yang sudah mendukung kecepatan 100/1000 mbps (switch gigabit), khususnya bagi warnet diskless (warnet tanpa hardisk) agar kecepatan transfer data dari server ke komputer klien lebih cepat.

5. Komputer

Anda harus memilih komputer yang tepat, sesuai dengan kebutuhan. Jika anda ingin membuka usaha warnet game online yang mana pelangganannya mayoritas dari kalangan menengah ke atas (orang kaya) dan orang dewasa, tidak ada anak kecil maka harus merakit komputer gaming mid-end atau yang high-end.

Tipe pelanggan yang ini biasanya suka bermain game online yang membutuhkan spesifikasi komputer gaming yang bagus seperti DOTA 2, Paladins, Dragon Nest, dan game online “berat” lainnya. Berbeda jika Anda menargetkan pelanggan anak kecil, Anda tidak membutuhkan komputer gaming yang high-end. Komputer yang masuk kategori mid-end ataupun low-end juga dapat Anda gunakan.

Untuk keperluan server, Anda harus menyiapkan budget lebih banyak daripada budget merakit komputer klien karena periperal yang dibutuhkan harus bagus dan lebih banyak, baik itu hard disk, motherboard, prosessor, memory dan casing. Apalagi jika Anda mau menggunakan sistem warnet diskless.

Mengenai spesifikasi komputer warnet game online secara detail dapat Anda perhatikan pada tabel yang ada di bawah.

6. Software

Tidak hanya perangkat keras (hardware) yang harus Anda perhatikan, tapi juga perlu mempertimbangkan software yang akan digunakan nantinya, baik itu sistem operasi atau software manajemen warnet. Dalam hal memilih sistem operasi yang akan digunakan, jangan pernah menggunakan sistem operasi Windows XP karena sudah tidak ada lagi pembaharuan dari Microsoft, gunakan OS Windows 7.

Sebaiknya gunakan Windows 7 seri x64, bukan x32 untuk memudahkan kita ketika ingin upgrade RAM (memory) komputer. Jika spesifikasi komputer warnet sangat mumpuni menggunakan OS Windows 10, lebih bagus lagi.

Untuk billing warnet, ada dua software billing untuk warnet game online terbaik dan terpopuler saat ini yaitu billing cyberindo dan smart billing. Software billing ini masing-masing punya kelebihan dan kekurangan serta benefit game online yang berbeda dan kebanyakan warnet cyberindo menggunakan billing cyberindo.

Anda yang ingin menggunakan manajemen warnet diskless, ada dua alternatif software diskless warnet game online yang bisa digunakan yaitu diskless cyberindo dan gacape. Saat ini, sudah ada puluhan ribu warnet game online di Indonesia yang menggunakan sistem warnet diskless dengan software diskless cyberindo.

Begitu juga untuk software updater game online, solusinya adalah menggunakan cyberindo updater dan gacape. Anda tidak perlu lagi mengupdate satu persatu game online di komputer klien, coba Anda bayangkan berapa waktu yang dibutuhkan jika seandainya kita mempunyai 30 unit komputer.

7. Izin Warnet

Mengurus izin usaha warnet game online adalah salah satu hal yang tak kalah pentingnya yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha ini. Ada banyak warnet yang terkadang sepelekan hal ini, tak heran ada banyak warnet terkena razia atau protes dari masyarakat karena hal ini.

Dengan mengurus perizinan usaha warnet akan membuat usaha kita jadi legal dan tidak akan menuai protes dari tetangga atau masyarakat di sekitar. Anda tentunya tidak ingin usaha warnet tutup karena lupa mengurus izin warnet ‘kan.

Proses pengurusan izin membutuhkan beberapa berkas seperti KTP, surat keterangn RT/RW setempat, surat izin gangguan (HO), surat izin keramain, NPWP, SIUP dan lisensi OEM dari software yang kita gunakan. Setelah itu, mengurusnya ke kantor Perindagkop di daerah Anda.

8. Karyawan

Jika Anda ingin menjalankan usaha warnet sendiri tanpa membutuhkan karyawan itu lebih bagus lagi, tapi apa jadinya jika usaha ini mengharuskan Anda membukanya selama 1×24 jam. Tentu Anda tidak akan sanggup begadang setipa harinya sehingga butuh merekrut karyawan atau operator warnet.

Untuk itu, Anda butuh merekrut karyawan tapi jangan “asal” memilih karyawan warnet (operator) karena ini menjadi salah satu faktor penentu usaha Anda. Ada beberapa kriteria orang yang dapat Anda jadikan sebagai operator warnet yaitu:

  1. Mengenal dengan baik karakternya.
  2. Tanya alasannya kenapa ingin kerja di warnet Anda.
  3. Lakukan interview singkat.
  4. Jika memenuhi kriteria diatas atau sudah terima menjadi operator warnet Anda, berikan dia pelatihan beberapa hari.
  5. Buat surat perjanjian yang bermaterai.

Jika omset warnet meningkat, tidak ada salahnya memberikan bonus setiap bulannya kepada karyawan Anda untuk menambah semangatnya agar tidak bermalas-malasan melayani pelanggan.

9. Promosi dan Komunitas

Memberikan bonus kepada pelanggan setia, orang yang setiap hari bermain di tempat Anda tidak ada ruginya. Bahkan, pelanggan tersebut bisa saja memanggil temannya yang lain untuk datang bermain ke warnet Anda. Ada beberapa jenis bonus yang dapat Anda berikan seperti voucher game online gratis, billing gratis ataupun periperal gaming. Pemberian bonus ini sesuaikan dengan berapa besar omset yang Anda terima setiap bulannya.

Promo warnet biasanya diberikan pada saat launching perdana dengan memberikan billing gratis selama 1-2 hari. Hal ini dimaksudkan agar calon pelanggan dapat megnetahui suasana ruangan, spesifikasi komputer dan tarif billing warnet yang akan kita berlakukan nantinya.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah komunitas gamer. Jangan menunda membangun komunitas gamer di tempat Anda jika memang ada banyak pelanggan yang senang terhadap satu macam genre game online seperti Point Blank, DOTA 2 atau game online lainnya.

Dengan memiliki komunitas, Anda tidak akan kewalahan mencari tim ketika ada turnamen yang diadakan oleh publisher game online Indonesia seperti PBNC, atau turnamen DOTA 2. Komunitas gamer ini juga secara otomatis akan mendambah “pundi-pundi” Anda karena mereka biasanya sering suka latihan “bareng” di satu tempat untuk mengasah gaming skill-nya.

10. Maintenance Terjadwal

Selain memikirkan omset warnet, Anda juga harus rutin melakukan maintenance warnet, baik itu dari sisi hardware ataupun software. Sebaiknya, lakukan maintenance satu kali dalam tiga bulan seperti membersihkan casing dan perangkat yang ada di dalamnya.

Komputer yang jarang dibersihkan akan memberikan performa yang tidak optimal, tidak akan sama seperti saat Anda pertama kali membelinya karena kondisinya masih bersih dan tidak berdebu. Jika Anda sudah menjalankan usaha warnet game online selama beberapa bulan, Anda harus rutin mengganti pasta prosessor agar komputer tidak mengalami overheating, paling tidak enam bulan sekali.

Begitu juga dengan software, saat melakukan maintenance, Anda juga harus memperhatikan update software billing warnet, updater game atau program diskless (jika menggunakan sistem warnet diskless) untuk memperbaiki bugs yang ada.

Spesifikasi Komputer Warnet

Dalam menentukan spesifikasi komputer yang akan digunakan di warnet game online yang akan Anda buka, pastikan “tepat sasaran”. Maksudnya, jangan pernah memilih spesifikasi komputer yang mid-end, apalagi berpikiran merakit komputer high-end jika Anda hanya menargetkan pelanggan dari kalangan menengah ke bawah.

Sebaliknya, pilih spesifikasi komputer mid-end atau high-end jika memang calon pelanggan Anda itu mayoritas orang dewasa dari kalangan menengah keatas.

Komputer Warnet Low-End

Hardware Harga
Intel Core i3 3220 3.3Ghz Cache 3MB 1,610,000
Gigabyte GA-H61M-S2P R3 932,000
Gskill DDR3 AEGIS PC12800 4GB Single
Channel F3-1600C11S-4GIS
320,000
Dazumba D Vito 682 Tanpa PSU 335,000
MSI Radeon R5-230 1GB DDR3 128 Bit –
1GD3H/LP
552,000
Enermax NAXN 500W – ENP500AGT 605,000
LG LED 20″ 20M38H-B (HDMI) 1,125,000
Hardware Harga
AMD Kaveri A6-7400K (Radeon R4 series) 835,000
ASRock FM2A68M-HD 765,000
Team Elite Plus DDR3 PC12800 4GB 273,000
Dazumba D Vito 687 345,000
Corsair VS Series 450W – 80 Plus 585,000
LG LED 20″ 20M38H-B (HDMI) 1,125,000
LG LED 20″ 20M38H-B (HDMI) 1,125,000

Komputer Warnet Mid-End

Hardware Harga
Intel Core i3-4170 3.7Ghz – Cache 3MB 1,450,000
ASUS H81M-E 870,000
Corsair DDR4 Vengeance LPX PC21000 8GB
(2X4GB)
665,000
MSI Radeon R7 360 2GD5 OC 2GB DDR5 1,787,000
Aerocool Ferrum 574,000
Corsair CX Series 500W – Bronze 935,000
Hardware Harga
AMD Vishera FX-4300 3.8Ghz Cache 4MB 1,185,000
ASUS M5A78L-M/USB3 940,000
Avexir DDR3 Core White PC12800 8GB
(2x4GB)
535,000
Power Color Radeon R7 360 2GB DDR5 OC 1,690,000
Aerocool Ferrum 574,000
Corsair CX Series 500W – Bronze 935,000

Komputer Warnet High-End

Hardware Harga
Intel Core i5-6600 3.3Ghz – Cache 6MB 2,835,000
Asus H110M-D D4 1,175,000
Crucial DDR4 Ballistix Sport 8GB Kit (4GB
x 2) PC19200
800,000
Digital Alliance GeForce GTX 960 2048MB
DDR5 Palit Jetstream 128 Bit
319,000
Corsair Carbide SPEC-Alpha 1,210,000
Seasonic SS-600ET 600W – Bronze 900,000

Dari tabel diatas, Anda bisa melihat berapa jumlah unit komputer yang mampu Anda beli dengan budget yang Anda punyai sekarang. Memilih dengan tepat satu dari tiga kategori komputer gaming diatas yang akan digunakan akan menentukan perkembangan usaha warnet game online Anda kedepannya.

Penting untuk Anda ketahui bahwa membuka usaha warnet game online, sama halnya dengan membuka usaha jasa seperti jasa pengiriman barang (kurir) dan lainnya. Anda harus memperhatikan kenyamanan pelanggan agar pelanggan tidak mengeluh dan berpindah ke warnet lain.

Selain 10 tips membuka usaha warnet game online dan spesifikasi komputer warnet diatas, masih ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda ketahui seperti cara menentukan tarif dasar billing, total modal usaha warnet game online dan simulasi omset serta pengeluaran warnet. Semua itu akan kami bahas pada artikel bagian kedua.
Kami akan mempostingnya dalam waktu dekat ini jika tidak ada kesibukan dan halangan.

Reply