Cara Bayar Tiket Pesawat dan Kode Perusahaan via ATM

Cara bayar tiket pesawat dan kode perusahaan via ATM mungkin bukan masalah bagi Anda yang selalu bepergian dengan pesawat terbang sekalipun tidak ada agen tiket pesawat. Anda dapat dengan mudah memesan tiket di website resmi maskapai yang dituju baik itu Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink dan lainnya kemudian membayar tiket pesawat via ATM.

Tidak hanya beli token listrik PLN, dan bayar premi asuransi tapi Anda juga bisa bayar tiket melalui mesin ATM baik itu ATM BRI, MANDIRI, BCA, BNI dan bank lainnya. Mereka bekerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan Indonesia agar memudahkan pelanggan ketika ingin membeli tiket pesawat online.

Sayangnya, tak sedikit orang yang justru kebingungan tidak dapat membayar tiket pesawat via ATM setelah membeli tiket di internet. Kita diharuskan memasukkan kode perusahaan Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air atau maskapai penerbangan di Indonesia lainnya terlebih dahulu.

Untuk itu, artikel ini akan berbagai bagaimana cara memesan, membayar tiket pesawat via ATM serta mencetak tiket yang sudah kita beli itu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Membeli Tiket Pesawat secara Online dengan Metode Pembayaran ATM

Anda yang ingin membeli tiket pesawat via online harus memesan tiket pesawat dari maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan terlebih dahulu lewat situs resminya.

Ini dimaksudkan untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan kode booking dan pembayaran tiket. Silahkan ikuti langkah-langkah melakukan reservasi tiket berikut:

  1. Kunjungi situs maskapai penerbangan, misalnya Lion Air http://www.lionair.co.id.
  2. Pilih jenis rute, ada dua pilihan yaitu One Way dan Return.
  3. Klik kotak isian From untuk memilih kota keberangkatan Anda.
  4. Selanjutnya, klik kotak isian To untuk menentukan kota tujuan.
  5. Masukkan jumlah orang, tapi jika hanya ada satu orang saja, tidak perlu memilih mengkliknya.
  6. Klik SEARCH FLIGHT untuk mengetahui harga tiket, waktu penerbangan dan informasi lainnya.
  7. Klik salah satu harga tiket yang sesuai kelas yang tertera lalu gulir ke bawah dan masukkan kode Captcha.
  8. Klik CONTINUE kemudian lengkapi data diri calon penumpang.

Pastikan Anda memasukkan data yang valid dan sesuai dengan KTP yang berlaku untuk menghindari permasalahan saat Anda akan check-in di bandara nantinya.

Pastikan Anda memilih metode pembayaran tiket via ATM dan mendapatkan kode booking serta pembayaran setelah melakukan pemesanan.

Daftar Lengkap Kode Perusahaan Maskapai Penerbangan Indonesia

Setelah Anda membeli tiket pesawat via online, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah mencatat kode perusahaan maskapai penerbangan. Anda bisa mencatatnya do kertas atau smarphone Anda.

Setiap maskapai penerbangan masing-masing mempunyai kode perusahaan yang berbeda. Kode perusahaan ini harus dimasukkan saat Anda ingin membayar tike pesawat di ATM, berikut tabel daftar lengkap kode perusahan maskapai penerbangan Indonesia yang digunakan di ATM BCA.

Nama Maskapai PenerbanganKode Perusahaan
Lion Air710110
Sriwijaya Air710011
Citilink711811
Garuda Indonesia710510

Cara Bayar Tiket Pesawat via ATM BCA, BRI, BNI, MANDIRI dan Bank Lainnya

Bagi mereka yang sudah seringkali membeli tiket pesawat mungkin tidak mengeluhkan atau kebingungan ketika ingin membayar tiket Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia atau maskapai lainnya. Tapi bagaimana dengan orang yang sama sekali belum perna atau baru pertama kali bayar tiket pesawat melalui ATM.

Caranya sangat mudah kok, tidak butuh waktu berjam-jam tapi beberapa menit saja asalkan Anda memilih pilihan pembayaran melalui mesin ATM dan sudah mendapatkan kode perusahaan maskapai, kode booking, serta kode pembayaran tiket setelah memesan tiket tadi.

Anda cukup pergi ke ATM BCA atau mesin ATM lainnya denga logo ATM Bersama, Alto atau Alto, berikut langkah-langkah membayar tiket pesawat via ATM.

  1. Pertama-tama, masukkan kartu ATM Anda.
  2. Masukkan pin ATM dengan menekan angka yang ada di mesin ATM.
  3. Pada layar ATM, pilih TRANSAKSI LAINNYA – PEMBAYARAN – LAYAR BERIKUT – LAIN-LAIN.
  4. Akan muncul pesan di layar bertuliskan SILAHKAN MASUKKAN NOMOR REKENING KODE PERUSAHAAN, tekan angka sesuai dengan kode perusahaan yang ada pada tabel di atas.
  5. Selanjutnya, masukkan 12 kode pembayaran yang Anda dapatkan saat memesan tiket pesawat tadi.
  6. Pilih BENAR.
  7. Terakhir, akan muncul data pemesan tiket, kode booking harga tiket dan rute penerbangan. Jika data yang dimunculkan sudah benar, pilih YA.

Jika Anda membeli tiket pesawat Citilink, Anda akan mendapatkan SMS dari CITILINK (CITILINK E-TICKET) berupa konfirmasi tiket pesawat sudah Anda bayar, lengkap dengan informasi rute penerbangan setelah membayar tiket pesawat via ATM.

Anda juga akan mendapatkan 2 kotak masuk di alamat email yang Anda masukkan saat membeli ticket Citilink, eticket@confirmation.citilink.co.id.

Cetak Tiket Pesawat secara Online

Sebenarnya Anda sudah berhasil memesan tiket pesawat. Langkah terakhir adalah mencetak (print) tiket pesawat.
Ada dua cara untuk mencetaknya yaitu mencetak tiket pesawat di loket maskapai yang ada di setiap bandara dan secara online melalui situs atau kotak masuk email Anda.

Untuk mengantisipasi antrian di loket maskapai penerbangan bandara, sebaiknya Anda segera mencetak tiket pesawat secara online segera setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran.

Cara Mencetak (Print) Tiket Pesawat Citilink

Setelah Anda membayar tiket pesawat Citilink via ATM sesuai kode booking dan pembayaran yang diberikan. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencetak tiket pesawat Citilink via online dengan kode booking yang ada.
Berbeda dengan maskapai Lion Air yang mengirimkan file pdf print out tiket pesawat di kotak masuk email, tiket Citilink tidak dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan saat membeli tiket.

Ikuti langkah-langkah cara cetak tiket pesawat Citilink dengan kode booking berikut:

  1. Klik menu Check My Bookings.
  2. Selanjutnya akan muncul halaman Cari Pemesanan kemudian masukkan Kode Booking dan Nama belakang pada kotak isian yang ada.
  3. Klik Print Itinerary untuk mulai cetak tiket pesawat Anda.

Pentup

Bagi Anda yang senang travelling, sebaiknya menggunakan aplikasi note atau sejenisnya untuk mencatat kode perusahaan Lion Air, Sriwijaya, Citilink dan Garuda Indonesia via ATM BCA.

Tapi jika Anda memang lupa dan ingin memastikannya, Anda juga dapat menelpon ke Costumer Service (CS) maskapai penerbangan yang dituju atau layanan Call Center Bank terkait sebelum melakukan pembayaran di mesin ATM.

Setiap mesin ATM punya menu yang berbeda, pada artikel ini saya menggunakan mesin ATM BCA. Tapi Anda tidak perlu khawatir, terlebih jika Anda sudah sering melakukan transaksi di ATM seperti kirim (transer) uang, beli pulsa, bayar listrik dan hal lainnya.

Reply