Cara Cepat dan Mudah Cek Speed Internet secara Akurat di Komputer dan Laptop

Teknologi informasi yang semakin berkembang, begitu juga internet. Jika dibandingkan dengan negara maju, kecepatan akses internet belum menyamai, karena pada kuartal pertama 2016, Indonesia berada diperingkat 94 dalam kawasan Asia Pasifik.

Tapi tetap mengalami pertumbuhan karena pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut dan pada pertengahan tahun 2016 berada di peringkat 3 seperti dilansir dari laman CNNIndonesia.

Bahkan, Kominfo mengatakan bahwa pada tahun 2019 tidak akan ada lagi internet lelet.

Jadi, nantinya kita juga akan bisa menikmati kecepatan internet yang baik pada tahun 2019 mendatang jika memang apa yang dijanjikan oleh Kominfo itu terealisasi.

Bagi anda yang menggunakan layanan ISP Indonesia seperti IndiHome, Biznet, Firstmedia, Indosat Ooredoo, MNC Play Media, atau MyRepublic harus mengetahui bagaimana cara cek kecepatan internet.

Ini dikarenakan ada banyak paket yang ditawarkan oleh ISP Indonesia.

Sebut saja, IndiHome yang merupakan layanan internet dari Telkom Indonesia, pengganti dari Speedy yang diluncurkan pada Januari 2015 dengan teknologi fiber optik menawarkan kecepatan internet 10 Mbps bagi pelanggannya.

Misalnya, anda yang menggunakan kecepatan akses interent IndiHome 10 Mbps perlu mengetahui bagaimana cara cek speed internet dikarenakan adanya aturan dari Telkom Indonesia, FUP (Fair Usage Policy) sehingga dengan mudah kita mengetahui apakah bandwidth internet sudah sesuai dengan paket yang telah didaftarkan atau tidak.

Bukan hanya itu saja, ketika koneksi internet lemot dengan cepat dan mudah mengetahui jika anda tahu bagaimana cara tes speed internet.

Sebelum cek kecepatan koneksi internet, ada 3 (tiga) hal yang harus anda lakukan:

  • Hubungkan secara langsung komputer atau laptop via LAN (Ethernet)
  • Matikan sementara jaringan WI-FI saat cek kecepatan koneksi internet
  • Pastikan sudah menginstall Adobe Flash Player

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Untuk cek bandwidth internet yang anda gunakan, ada beberapa situs tes speed internet online yang bisa kita gunakan.

Speedtest.net by Ookla

Dengan bantuan website Speedtest, anda dapat mengetahui kecepatan internet secara akurat baik itu di komputer, laptop, tablet atau HP sekalipun.

Kita bisa mengetahui ISP apa yang digunakan beserta dengan IP Address modem anda saat mengakses Speedtest

Selain itu, kita dapat cek kecepatan internet Mobile seperti Android, iOS, Windows Phone dan Amazon. Bagi anda yang menggunakan Mac OS X dan Windows 10, dapat mengunduh aplikasi Speedtest for Mac dan Windows.

1. Buka website Speedtest Ookla http://www.speedtest.net

2. Klik tombol BEGIN TEST untuk cek kecepatan internet dan tunggu beberapa saat, Speedtest akan secara otomatis memlih server terdekat dan melakukan pengecekan. Speedtest akan mengecek ping, kecepatan download dan upload ISP yang anda gunakan.

3. Setelah mendapatkan hasil tes speed internet, anda dapat membagikan hasil tersebut dengan mengklik SHARE THIS RESULT

Share Hasil Tes Speed Internet dengan Ookla

TELIN Speedtest by Telkom Indonesia

Sama seperti Speedtest, TELIN Speedtest adalah website tes speed internet yang disediakan oleh Telkom Indonesia yang juga dapat digunakan untuk melihat ping “latency”, download dan upload.

Tapi berbeda dengan Speedtest, TELIN tidak menyediakan fitur untuk sharing hasil kecepatan internet yang sudah didapatkan.

1. Kunjungi situs TELIN Speedtest http://speedtest.telin.sg

2. Setelah muncul seperti gambar diatas, klik tombol Begin Test untuk memulai proses pengecekan ping, download dan upload kecepatan internet

Hasil Tes Kecepatan Internet dengan TELIN Speedtest Telkom Indonesia

Sengaja kami tidak memasukkan CBN Speedtest http://speedtest.cbn.net.id, karena sudah tidak dapat digunakan lagi untuk mengecek kecepatan internet.

Cek Kecepatan Internet lewat CMD (Command Prompt)

Berbeda dengan 2 cara, anda juga dapat tes speed interent dengan software Command Prompt (CMD) bawaan Windows.

Cara Cek Kecepatan Internet lewat CMD

1. Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + R kemudian ketikkan cmd atau klik Start – All Programs – Accessories lalu klik Command Prompt.

2. Setelah jendela Command Prompt tampil, ketikkan perintah “ping -t www.google.com” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter untuk mulai melihat hasil ping ke situs Google.

Berdasarkan pengalaman, jika nilai time melebihi angka 60 seperti gambar dibawah berarti dapat dipastikan koneksi internet lemot, untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil atau tidak lag, nilai time berkisar antara 5 – 30ms.

Itulah artikel tentang cara cek speed internet di komputer, laptop, tablet, atau HP untuk mengetahui bandwidth dari paket yang digunakan.

Jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai artikel diatas, silahkan berikan komentar pada kolom yang tersedia dibawah.

2 Comments

  1. mazagenanet

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.