Cara Install Ulang Windows 7 di Laptop HP Pavilion g4 dengan Mudah

Sistem operasi bawaan laptop HP Pavilion g4 bermasalah dan anda tidak punya DVD bootable DVD bootable Windows 8 untuk recovery atau memang anda sengaja ingin install ulang laptop merk HP tersebut dengan Windows 7 karena tidak “familiar” dengan Windows 8 atau Windows 10.

Mungkin anda yang sering install Windows 7 di laptop dengan flashdisk atau media lainnya juga akan mengalami sedikit masalah ketika berhadapan dengan laptop HP Pavilion g4 karena ada sedikit perbedaan saat masuk atau setting bios laptop HP dibandingkan merk lainnya.

Secara default, perusahaan produsen laptop itu sengaja memberikan sedikit proteksi bios agar pengguna tidak mudah untuk menginstall Windows 7, Windows 10 atau Windows lain yang bukan bawaan dari pabriknya.

Mungkin anda sudah pernah mencoba masuk bios HP Pavilion g4 tapi tidak dapat setting agar bisa booting ke DVD ROM sehingga saat memasukkan DVD bootable Windows 7 misalnya, tidak dapat install ulang.

Anda tentunya sekarang tentu panik karena tidak dapat setting bios laptop HP agar booting ke DVD ‘kan.

Pada tutorial komputer kali ini, kami akan berbagi tentang bagaimana cara setting bios dan install ulang Windows 7 dan Windows 10 di laptop HP Pavailion g4 baik itu dengan flashdisk atau DVD bootable.

Simak langkah-langkah dibawah ini:

Cara Masuk dan Setting BIOS Laptop HP Pavilion g4

  1. Nyalakan laptop.
  2. Jika ingin install ulang laptop HP Pavilion dengan flashdisk, silahkan tancapkan pada port USB tapi jika anda akan install ulang dengan DVD, masukkan DVD bootable Windows 7 atau Windows 10 ke DVD-ROM lalu tekan tombol EscF10 untuk masuk bios HP Pavilion g4. Ini berbeda dengan laptop pada umumnya, yang menggunakan tombol F2, F1 atau Del untuk masuk bios.
  3. Setelah berhasil masuk, lakukan setting bios dengan memilih menu System Configuration > Boot Options.
    Cara Install Ulang Windows 7 di Laptop HP Pavilion g4 dengan Mudah dan Cara Masuk serta Setting BIOS Laptop HP Pavilion g4
  4. Ubah setting Secure Boot menjadi Disabled dan pada bagian Legacy Boot Order, ubah urutan boot pertama jadi Internal CD/DV ROM Drive dengan menekan tombol F6.

Install Ulang Windows 7/8/10 di Laptop Merk HP Pavilion dengan Flashdisk atau DVD Bootable

Sekarang, anda sudah berhasil mengubah setting bios laptop HP Pavilion g4 agar dapat install Windows 7 atau Windows 10 kemudian restart dan tekan tombol F9 di keyboard untuk memunculkan boot menu. Selanjutnya, pilih “Internal CD/DVD ROM Drive” dan tekan “Enter” untuk memulai proses install Windows.

Setelah melewati empat langkah diatas, langkah-nya sudah sama dengan install ulang laptop pada umumnya. Jika anda ingin install ulang Windows 10 atau Windows 8.1 di laptop HP Pavilion dengan flashdisk, silahkan pilih USB pada konfigurasi Boot diatas tadi.

Anda sudah berhasil install ulang laptop HP Pavilion g4 sekarang? Berikan komentar pada kolom komentar yang tersedia dibawah.

Demikian tutorial komputer tentang cara install ulang windows 7 di laptop HP Pavilion g4 dengan mudah. Semoga bermanfaat.

10 Comments

  1. agung
  2. Pandu
  3. Pontas
  4. Furnijid
  5. DEN OPENG

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.