Cara Membackup Data Google Drive di PC, Mac, Android dan iOS

Baru-baru ini, tepatnya pada 7 September 2017 kemarin Google mengumumkan akan mulai menghentikan layanan penyimpanan cloud miliknya pada tanggal 11 Desember 2017 mendatang dan aksesnya mulai “matikan” pada 12 Maret 2018. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara membackup data di Google Drive baik di komputer ataupun dengan HP Android milikmu.

Jika termasuk salah seorang yang menggunakan layanan Google Drive, masih punya kesempatan lebih dari 3 bulan lamanya untuk mencopy semua file yang ada di server cloud Google ini. Untuk keperluan penutupan Google Drive, Google sudah menyediakan software Backup dan Sync yang dapat Anda download di PC, iOS, dan Android.

Agar Anda tidak kehilangan data yang sudah bertahun-tahun simpan, simak cara backup foto dan video Google Drive di bawah ini.

Cara Backup Data Google Drive (Foto dan Video) ke Komputer Windows, Mac, iOS dan Android

Jika Anda menggunakan komputer untuk backup semua data di Google Drive, caranya sangat mudah. Pertama-tama, download aplikasi Backup Google Drive untuk PC, HP (Android dan iOS) kemudian install dan login dengan email Google yang Anda punya untuk melanjutkan proses backup data.

Langkah 1 : Download dan Install Aplikasi Backup and Sync Google Drive

Terlebih dahulu, Anda harus download dan menginstall aplikasi Backup dan Sync Google Drive. Ukuran file instalasi software backup Google Drive ini cukup kecil sekitar 1,1MB.

Klik Download atau link App Store dan Google Play Store yang ada di laman Google Photos. Setelah selesai mengunduhnya, silahkan install di PC atau perangkat mobile yang Anda gunakan. Anda bisa menginstallnya di iOS dan Android.

Langkah 2 : Login Menggunakan akun Gmail

Setelah Anda berhasil install Backup Google Drive ini, langkah selanjutnya adalah menjalankan file installer yang sudah didownload tadi. Pastikan Anda terhubung dengan internet saat mengunduh aplikasi ini.

Jika proses instalasi sudah selesai, klik menu Start – Backup and Sync from Google. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol biru yang bertuliskan GET STARTED.
  2. Masukkan alamat dan password email Google.
  3. Klik LOGIN.

Langkah 3 : Setting Lokasi File Backup dan Mulai Download ke PC dan HP

Setelah berhasil login, Anda harus melakukan beberapa setting di bawah sebelum mulai mengunduh semua file Google Drive.

  1. Beri centang pada bagian Back up all file types lalu klik NEXT.
  2. Klik CHOOSE FOLDER untuk menentukan lokasi dimana file Google Drive Anda akan simpan. Jika tidak, semua file secara otomatis akan tersimpan di C:\Users\Nama_User_Ada\Google Drive.
  3. Terakhir, klik START untuk mulai membackup semua data Google Drive.

Tutorial backup foto dan video di Google Drive diatas diperuntukkan bagi Anda yang menggunakan komputer (PC). Anda juga dapat menggunakan HP iOS dan Android untuk backup data Google Drive.

Pastikan kamu mengunduh dan menginstallnya terlebih dahulu di HP dan melakukan autentikasi login dengan akun GMail. Jangan lupa untuk menyediakan kapasitas yang cukup untuk menyimpan semua file Anda.

Reply