Cara Mengganti Baterai UPS Rusak dengan AKI Motor

Banyak orang yang menggunakan Komputer, bukan Laptop ataupun Notebook yang saya maksud tapi PC (Personal Computer), tidak menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) sehingga jika listrik “padam” maka PC akan otomatis shutdown.

Sebagaimana pengertian dari UPS menurut Wikipedia, adalah perangkat eletronik yang menggunakan baterai backup yang berfungsi sebagai sumber listrik cadangan dan akan otomatis memberika input listrik ke perangkat elektronik yang terpasang ketika listrik “padam”.

Pada artikel sebelumnya, saya sendiri sudah mulai curiga dengan melihat ciri-ciri UPS rusak karena adanya bunyi “bip-bip” berulang setiap kali menyalakannya. Tidak bertahan lama, setelah mencabut kabel Power dan memasang ulang.

Salah satu penyebab utama dari kerusakan perangkat elektronik termasuk hardware komputer karena sering mati secara tiba-tiba dan terpaksa sehingga ada banyak perusahaan yang menggunakan UPS.

Tak terkecuali bagi anda yang menggunakan PC, khususnya yang membuka usaha Warnet dan Game Online harus menggunakan UPS di Komputer Server untuk mencegah kerusakan Hardware Komputer seperti Hard Disk, Power Supply (PSU) dan Motherboard.

Beberapa perangkat Komputer diatas sangat mudah rusak jika input listrik yang masuk tidak stabil atau sering mati mendadak.

Sudah tahu ‘kan fungsi dari UPS berdasarkan informasi diatas?

Umumnya, UPS terdiri dari beberapa bagian antara lain Charger, Inverter, Transfer Switches dan Baterai dan komponen UPS yang sering dan cepat rusak adalah Baterai UPS.

Nah, untuk mengganti Baterai UPS yang rusak, kita tidak hanya dapat menggunakan Baterai yang diperuntukkan khusus untuk UPS tapi juga dapat menggunakan AKI Kering Motor Matic merek GS Sealed MF dari ASTRA misalnya.

Ada beberapa kelebihan Baterai UPS dengan AKI Motor, antara lain:

  • Sangat mudah ditemukan
  • Harga relatif terjangkau dan murah
  • Tahan lama atau awet

Tapi untuk memasang AKI Motor Kering jadi Baterai UPS tidak semudah menggunakan Baterai UPS karena socket yang tersedia berbeda sekalipun ukuran AKI pas di kotak UPS.

Untuk itu, jika anda ingin pasang AKI Kering ke UPS ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Mengganti Baterai UPS yang Rusak dengan Memasang AKI Motor Kering

Sebelum mengikuti beberapa langkah dibawah, anda harus persiapkan terlebih dahulu obeng “+” yang agak panjang mengingat lubang sekrup box UPS agak dalam.

  1. Lepaskan keempat sekrup pada setiap sisi UPS dengan cara membalik posisinya
  2. Cabut Casing atas UPS kemudian lepaskan socket kabel yang menancap di Baterai UPS
  3. Masukkan AKI Kering Motor tadi ke dalam kotak UPS dan pasang socket tadi kembali ke posisi “+” dan “-” dengan benar.

Pada tutorial diatas, saya menggunakan UPS Merek APC Back-UPS 650 dan AKI Kering Motor Matic merek GS SEALED MF GTZ5S.

Jika ada hal yang ingin anda tanyakan atau mungkin punya pengalaman sendiri mengganti Baterai UPS, silahkan berikan komentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Demikian tutorial tentang cara mengganti baterai UPS dengan AKI Motor. Semoga bermanfaat.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.