Kelebihan dan Kekurangan Dropbox, Google Drive dan OneDrive

Cloud Storage atau situs layanan penyimpanan online adalah pilihan yang tepat dengan berbagai kelebihan bagi anda yang masih senang menyimpan file di flashdisk, hardisk internet atau eksternal tapi sering kelupaan media penyimpanan ini dan ingin mengakses file dimana saja dengan mudah.

Pastinya juga ada kekurangan tapi ada banyak fungsi, fitur, keuntungan atau manfaat yang dapat kita nikmati dari cloud storage terbaik dan terpopuler saat ini seperti Google Drive, Dropbox dan OneDrive.

Salah satu keuntungan menggunakan cloud storage ini adalah bisa menyimpan, membuka dan mengedit file besar tanpa hardware secara online langsung dari HP, smartphone, komputer atau laptop. Dengan kata lain, Anda sama saja melakukan backup data online.

Selain itu, anda tidak perlu lagi takut akan data hilang atau terhapus karena setelah upload file ke situs penyimpanan file online, dapat download atau mengaksesnya kapan saja sesuai keinginan kita.

Bagi Anda yang telah menggunakan ketiga layanan penyimpanan online, ada banyak kelebihan dan kekurangan dari Dropbox, Google Drive dan OneDrive yang harus Anda ketahui serta perbedaan kapasitas dan fitur yang dimilikinya dibawah ini.

Kapasitas Dropbox, Google Drive dan OneDrive

Sebelum menggunakan layanan penyimpanan gratis ini, pertanyaan pertama adalah berapa kapasitas dari Google Drive, Dropbox dan OneDrive serta mana yang lebih besar ‘kan.

Semua orang ingin kapasitas cloud storage terbesar dan gratis, termasuk anda tentunya. Untuk menambah kapasitas dari Google Drive, Dropbox dan OneDrive secara gratis tidak dapat dilakukan karena harus membeli storage yang disediakan.

  • Kapasitas Google Drive : 15 GB
  • Kapasitas Dropbox : 2 GB
  • Kapasitas OneDrive : 5GB

Dari ketiga layanan cloud storage gratis, terbaik dan terpopuler diatas, Google Drive yang menawarkan kapasitas yang paling besar yaitu 15 GB dan Dropbox, yang paling kecil.

Untuk Google Drive, menyediakan kapasitas yang aman dan dapat diakses dari berbagai perangkat menggunakan aplikasi Google Drive dan digunakan untuk Google Drive, Google Photos dan GMail seperti MAZAGENA.com kutip dari Google Support.

Kelebihan, Kekurangan dan Fitur dari Dropbox, Google Drive dan OneDrive

Setelah mengetahui berapa besar kapasitas dari Google Drive, Dropbox dan OneDrive diatas, mana cloud storage yang akan anda gunakan? Tentunya bergantun dari kapasitas, dukungan perangkat, fitur atau fungsi serta kecepatan dan kemudahan sinkronisasiĀ  yang diberikan.

Dropbox

Salah satu situs penyimpanan online terbaik yang dirilis sejak tahun 2007 lalu dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya untuk sharing file dari komputer, laptop, smartphone dan juga tablet.

Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya yang perlu anda ketahui, antara lain:

  • Mendukung berbagai platform yaitu Web, Windows, Mac, Linux, iOS, Android dan Windows Mobile.
  • Kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2 GB.
  • Biaya upgrade kapasitas sebesar $8.25 /bulan untuk 1 TB.
  • Tidak ada batasan ukuran file upload jika anda mengupload file via desktop atau aplikasi mobile.
  • Ada fitur Dropbox yang spesial yaitu menggunakan enkripsi 2560bit AES dan SSL/TLS dan terintegrasi dengan Microsoft Office 365 sehingga memungkinkan kita untuk membuka file dropbox menggunakan aplikasi word, excel dan powerpoint.

Google Drive

Mengingat pengguna HP Android di Indonesia yang sangat banyak dan menguasai pasaran, memungkinkan seseorang mudah untuk mengakses aplikasi atau langsung menggunakan layanan cloud storage Google ini.

Anda tidak perlu lagi daftar seperti Dropbox diatas untuk menggunakan layanan cloud storage Google yang dirilis tahun 2012 ini, cukup gunakan akun GMail yang sudah ada di HP Android. Masih ada lagi beberapa fitur dari Google Drive dibawah ini:

  • Berbagai dukungan platform yaitu Windows, Mac, Web, iOS dan Android.
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu 15 GB.
  • Biaya penambahan storage yaitu $2 perbulan untuk 100 GB, $10 perbulan untuk 1 TB dan $100 perbulan untuk 10TB, $200 perbulan untuk 20 TB dan storage lainnya dapat anda cek disini.
  • Memungkinkan mengupload file Google Docs dengan jumlah karakter diatas 1.02 juta. File Google Sheets diatas 2 juta cell. Google Presentations atau alternatif aplikasi powerpoint online berkapasitas diatas 100MB. Sementara file lainnya, dengan ukuran file sebesar 5 TB.
  • Ada beberapa fitur Google Drive yang spesial untuk penggunanya yaitu enkripsi SSL/TLS, mengundag orang lain berkomentar dan bergabung, download lampiran file GMail langsung ke Google Drive dan masih banyak fungsi lainnya.

OneDrive

Dirilis pada tahun 2007, layanan cloud storage dari Microsoft ini awalnya disebut dengan SkyDrive dan hanya tersedia untuk pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows tapi kini sudah dapat diakses diberbagai platform.

  • Dukunga platform yang tersedia yaitu Web, Mac, Windows, iOS, Android, dan Windows Mobile.
  • Kapasitas gratis yang disediakan yaitu 5GB
  • Untuk menambah kapasitas ketika melebihi storage gratis yang disediakan, menyediakan 50 GB dengan biaya $2 perbulan dan $7 perbulan untuk 1 TB.
  • Batasan limit file yang dapat diupload diatas 10 GB /file.
  • Fitur OneDrive yang spesial diberikan yaitu enkripsi PFS, berbagi file atau folder dengan orang lain, kolaborasi secara real-time menggunakan Word, Excel, PowerPoint dan OneNote.

Jadi, sekarang anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan serta perbedaan Google Drive, Dropbox dan OneDrive ‘kan.

Pastinya sudah mengetahui keuntungan menggunakan ketiga cloud storage ini.

Mana kira-kira cloud storage yang ingin anda gunakan untuk sesuai dengan keperluan saat ini? Silahkan berkomentar pada kolom komentar yang tersedia dibawah.

2 Comments

  1. Belajar Ngeblog

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.