Mengenal Komponen CPU: 10 Bagian Utama CPU dan Fungsinya

Bagi Anda yang tahu mengoperasikan komputer, tentunya mengetahui bahwa salah satu bagian komputer adalah CPU. Tapi tidak semua orang mengetahui komponen atau isi dalam dari CPU.

CPU adalah komponen komputer yang memegang peranan penting. Semua proses akan dilakukan disitu termasuk ketika Anda sedang mengetik, bermain game, atau yang lain.

Sangat penting untuk Anda mengenal bagian-bagian utama komponen CPU dan apa fungsi dari masing-masing komponen tersebut agar Anda bisa memaksimalkan kinerjanya.

Untuk itu, kami akan berbagi bagian utama dari CPU dan fungsinya. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mengetahui kegunaan komponen yang ada di dalam CPU di bawah ini.

1. Casing

Casing adalah salah satu perangkat komputer dan bagian utama CPU. Umumnya, CPU berbentuk seperti kotak.

Fungsi casing adalah sebuah tempat berbentuk kotak yang digunakan untuk meletakkan komponen komputer seperti VGA, RAM, Motherboard, Power Supply (PSU) dan perangkat lainnya. Casing juga berfungsi untuk melindungi isi dalam CPU dari kotoran, debu, air, benturan dan hal lain yang tidak diinginkan.

Tapi tak jarang orang yang ketika membeli komputer menyepelekan perangkat ini dan tidak menjadikannya sebagai prioritas pertama saat merakit komputer.

Anda tidak boleh sembarangan ketika akan membeli casing, harus Anda sesuaikan dengan keperluan. Jika Anda suka bermain game, sebaiknya gunakan casing gaming dan hindari memaki casing PC murah.

Saat ini, ada berbaga tipe casing mulai dari Full Tower, Mid Tower, Mini Tower, Mini Cube dan Desktop. Bagi gamers, casing terbaik dan cocok untuknya adalah casing Mid Tower.

Sedangkan berdasarkan motherboard yang didukung, jenis casing komputer terdiri dari ATX, EATX, microATX, mini-ITX, ATX, dan microATX.

Masing-masing jenis casing CPU diatas punya ukuran yang berbeda-beda. Casing Mini Tower biasanya digunakan pada komputer built-up.

Casing yang punya ukuran paling besar adalah Full Tower, sedangkan yang paling kecil adalah Desktop.

2. Power Supply (PSU)

Salah satu bagian utama komponen CPU adalah Power Supply. Power Supply disebut juga Pencatu Daya dan sering disingkat dengan nama PSU (Power Supply Unit).

Menurut Wikipedia, Power Supply (PSU) adalah sebuat piranti elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya bagi komponen lainnya. Perangkat keras ini berada di dalam CPU, berbentuk kotak dan biasanya diletakkan di bagian bawah tergantung dari casing komputer yang digunakan.

Fungsi Power Supply yang lain adalah mengubah tegangan listrik AC (arus bolak-balik) menjadi DC (arus searah) kemudian menyalurkannya ke perangkat komputer lain seperti VGA, harddisk, motherboard, kipas, keyboard, mouse dan hardware yang lain melalui konektor.

Ada dua jenis Power Supply yaitu PSU AT dan ATX dan yang paling banyak beredar di pasaran saat ini adalah Power Supply ATX sedankan tipe AT sudah jarang, bahkan tidak ada lagi.

Saat merakit komputer, Anda harus memilih Power Supply terbaik dan mengetahui berapa besar daya yang dibutuhkan oleh komputer agar tegangan listrik yang dihasilkan tidak merusak komponen CPU yang lain.

Jika Anda mau merakit komputer High-End misalnya, sebaiknya memilih PSU terbaik khusus gaming dan gunakan Power Supply yang mempunyai daya tinggi, minimal 500 Watt.

Berbagai merek Power Supply yang bagus seperti Seasonic, Thermaltake, Super Flower, Corsair, EVGA, dan masih banyak lagi. Umumnya, merek PSU ini sudah memiliki sertifikat yang berstandar 80+ dan Bronze, Silver atau Gold.

Jangan pernah memilih Power Supply murah saat Anda ingin merakit komputer Mid-End ataupun komputer gaming.

3. Motherboard

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit eletronik yang menghubungkan semua semua hardware komputer dan salah satu bagian utama komponen CPU yang pengertiannya dikutip dari Wikipedia. Motherboard sering juga disebut mobo atau mainboard.

Fungsi dari motherboard adalah sebagai tempat untuk meletakkan komponen atau perangkat komputer seperti VGA, RAM, LAN Card, dan Prosessor.

Dalam memilih motherboard yang bagus untuk gaming, desain grafis, dan keperluan lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dukungan socket, kecepatan RAM, dan ketersedian slot.

Tak heran jika banyak orang yang sering menanyakan “Apa motherboard terbaik untuk main game?”.

Hal pertama yang harus Anda tentukan ketika ingin membeli motherboard adalah pemilihan chipset/platform yang tepat. Ada 2 jenis socket motherboard yaitu Intel dan AMD.

Saat ini, produsen motherboard terbaik dan terkenal adalah ASUS, MSI, Gigabyte, ASRock, EVGA dan Intel. Merek motherboard yang lain seperti Biostar, Digital Alliance, EVGA, dan Jetway.

Sedangkan berdasarkan ukuran, ada 4 tipe motherboad yaitu AT, ATX, BTX, dan ITX. Jenis motherboard ATX antara lain Standar ATX, Micro ATX, Flex ATX, dan Mini ATX.

Sedangkan jenis motherboard BTX terdiri dari BTX Standar, BTX Micro dan BTX Pico dan motherboard ITX, ada dua tipe yaitu Mini ITX dan Nano ITX.

4. Prosessor

Komputer tidak akan bisa bekerja tanpa adanya prosessor. Bagian utama CPU ini memegang peranan penting dalam pemrosesan perintah dan data yang dimasukkan.

Prosessor adalah salah satu komponen CPU yang berguna sebagai otak komputer yang bersama-sama dengan perangkat lainnya untuk menjalankan proses dengan satuan kecepatan Megahertz (Mhz) dan Gigahertz (Ghz). Prosessor akan semakin cepat kinerjanya jika kecepatan prosessor besar dan didukung dengan oleh hardware lain seperti VGA dan RAM.

Dari penjelasan diatas, fungsi dari prosessor pada CPU adalah melakukan pemrosesan data masukan dari berbagai input yang ada kemudian mengolahnya dan memberikan output. Saat proses pengolahan data dilakukan, prosessor saling terhubung dengan perangkat komputer lain seperti RAM, VGA, dan harddisk.

Saat ini, ada dua prosessor terbaik dan terkenal yaitu Intel dan AMD. Kedua produsen ini memang pasarana prosessor dengan kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan prosessor lain seperti IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT.

Ketika ingin merakit komputer, Anda tidak boleh “asal” memilih prosessor. Anda harus memilih prosessor yang sesuai dengan motherboard yang digunakan.

5. Kartu Grafis (VGA)

Bagian utama CPU yang tidak kalah pentingnya juga adalah graphics card (VGA). Biasa juga orang menyebutnya dengan nama kartu grafis.

Ada berbagai merek VGA yang bisa Anda temukan di pasaran seperti ASUS, Zotac, HIS, Sapphire, Digital Aliance, XFX, Corsair, EVGA, Gigabyte, Titan, MSI, dan PowerColor.

Jika bicara tentang teknologi Graphic Processing Unit (GPU) yang digunakan pada VGA, ada produsen terbaik yaitu AMD Radeon (dulunya ATI Radeon) dan NVIDIA. Dari segi kualitas, NVIDIA lebih unggul grafisnya dibandingkan dengan AMD Radeon tapi harganya yang terpaut jauh berbeda.

VGA NVIDIA tergolong lebih mahal dibandingkan dengan AMD Radeon yang dibandrol dengan harga murah sehingga orang yang punya budget terbatas lebih memilih VGA yang murah buatan AMD Radeon.

Di pasaran saat ini, sudah ada banyak produsen yang menawarkan harga VGA bervariasi. Ada VGA yang harganya di bawah 1 juta, 1 juta lebih, 2 jutaan, 3 jutaan hingga Rp 10 juta.

6. RAM

RAM merupakan salah bagian utama dari CPU yang juga berperan penting. RAM singkatan dari Random Access Memory.

RAM adalah tipe penyimpanan komputer yang mana dapat diakses dalam waktu tetap. Berbeda dengan harddisk, data yang disimpan oleh RAM hanya bersifat sementara, saat Anda mematikan komputer maka data yang tersimpan tersebut akan hilan dalam RAM.

Komponena komputer yang satu ini berbentuk kepingan. Ada beberapa tipe RAM yaitu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan DDR5.

Sedangkan dari segi kapasitasnya, juga terbagi jadi beberapa bagian mulai dari kapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB hingga 32 GB. Begitupun dengan produsen RAM, ada banyak merek RAM terbaik yang bisa Anda pilih yaitu Corsair, Avexiar, Hynix, Kingston, Samsung, Team Dark, V-Gen, Visipro dan lainnya.

Pastikan juga Anda mengecek RAM yang didukung oleh motherboard sebelum memilih RAM yang bagus dengan melihat keterangan di kardus motherboard atau kartu petunjuk yang disertakan saat membeli.

Anda harus rajin membersihkan RAM komputer karena perangkat komputer ini bersifat sensitif. Komputer yang dinyalakan dan tidak tampil apa-apa, salah satu kemungkinan penyebabnya pada RAM.

7. Harddisk

Bagian utama CPU yang lain adalah harddisk. Komponen CPU ini digunakan untuk menyimpan semua data baik itu dokumen, foto, video, film dan file lainnya.

Harddisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis serta ditemukan pada tahun 1956 seperti dikutip dari laman Wikipedia. Fungsi harddisk adalah media penyimpanan secara permanen pada komputer.

Ada tiga jenis harddisk yang beredar di pasaran saat ini yaitu IDE, SATA, RAID dan SCSI. Berdasarkan kapasitas penyimpanannya, ada harddisk berkapasitas 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 320GB, 500GB, 1TB, 2TB dan ukuran lainnya.
Begitupun dengan merek harddisk, ada berbagai merek yang yang bisa Anda temukan seperti Seagate, Western Digital (WD), Samsung, Toshiba, Plextor, Hitachi, Patriot, Corsair, dan merek yang lain.

Memilih harddisk yang bagus harus mempertimbangkan berbagai hal seperti keperluan, budget, dan dukungan motherboard. Bagi Anda yang bergelut dibidang desain grafis atau suka bermain game sebaiknya gunakan harddisk yang kapasitasnya 1TB atau lebih.

Tapi jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk keperluan mengetik, kantor ata sekolah tidak perlu membeli harddisk yang kapasitas besar, cukup gunakan harddisk kapasitas 500GB atau dibawahnya.

Untuk mendapatkan harddisk dengan kecepatan transfer data bagus, jangan gunakan tipe harddisk konvensional (HDD) tapi gunakan SSHD (Solid State Hybrid Drive) atau SSD (Solid State Drive).

8. LAN Card

Selain menggunakan harddisk eksternal atau flash disk, Anda juga dapat bertukar data dari komputer satu ke komputer lain menggunakan LAN Card.

LAN Card disebut juga dengan kartu jaringan atau NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai media perantara untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan komputer menggunakan kabel LAN. Ada dua jenis LAN Card yaitu eksternal dan on-board.

Umumnya, motherboard sudah dilengkapi dengan LAN Card on-board tapi ada juga yang tidak sehingga Anda harus membeli LAN Card eksternal dan menancapkannya ke slot PCI motherboard.

Berdasarkan kecepatan LAN Card, perangkat jaringan standar ini dibagi menjadi 4 yaitu 10 Mbps, 100 Mbps, 1000 Mbps dan 10000 Mbps. LAN Card yang kecepatan transfernya 1000 Mbps atau diatasnya dikenal dengan LAN Card Gigabit.

Untuk mengoptimalkan kinerja komputer khususnya bagi Anda yang ingin membuat sistem warnet diskless, sebaiknya Anda memilih LAN Card Gigabit ketika membeli motherboard.

9. Sound Card

Sound Card adalah salah satu bagian utama CPU atau komponen komputer yang berfungsi untuk memproses data audio (suara). Seperti halnya VGA Card untuk menghasilkan grafis yang bagus, dengan menggunakan Sound Card maka akan meningkatkan kualitas suara dengan berbagai variasi pada komputer.

Sound Card berperan penting saat Anda memutar musik atau merekam suara. Suara yang dikeluarkan oleh speaker atau headset dihasilkan dari sound card.

Jika Anda memutar film atau mendengar musik di komputer tapi tidak keluar suara sama sekali, kemungkinan ada masalah pada perangkat tersebut. Sound card terhubung melalui slot PCI atau ISA pada komputer tapi ada juga beberapa yang dapat ditancapkan di port USB.

Umumnya, motherboard yang kurang bagus sudah menyertakan sound card on-board dan juga kualitas suara yang dihasilkan cukup bagus jika Anda hanya ingin mendengar musik saja.

10. HSF Pendingin Prosessor

Selain beberapa bagia utama CPU diatas, masih ada komponen yang jarang diperhatikan saat merakit komputer yaitu pendingin prosessor. Sebutan lain dari cooler prosessor adalah HeatSink Fan (HSF).

Salah satu alasan kenapa Anda harus memakai HSF adalah menangkal suhu prosessor yang terlalu tinggi (overheating) ketika digunakan secara intensif yang bisa menyebabkan komputer mati sendiri, khususnya saat bermain game.

Biasanya prosessor sudah menyertakan HSF bawaan tapi terkadang tidak berfungsi secara optimal sehingga Anda harus menyiapkan budget dan memilih HSF yang berkualitas untuk menghindari terjadinya overheating prosessor.

Ada beberapa pilihan merek HFS terbaik, antara lain Thermaltake, DeepCool, PC Cooler, ID-Cooling, Cooler Master, Enermax dan masih banyak lagi.

Saat memilih HSF prosessor, pastikan cocok dengan casing dan socket yang digunakan serta ukurannya yang tidak menghilangi perangkat komputer lainnya, khususnya RAM.

Fungsi CPU

Setelah mengetahui berbagai isi dalam CPU, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu (pengertian) dan fungsi dari CPU. Kepanjangan CPU adalah Central Processing Unit.

Berdasarkan Wikipedia, CPU adalah sebuah perangkat keras (hardware) komputer melaksanakan perintah dan memproses data dari perangkat lunak.

Bahasa sederhananya seperti ini, CPU adalah komponen komputer yang berfungsi menerima input, melaksanakan perintah dan data kemudian memberikan output.

Fungsi CPU hampir sama dengan HP atau kalkulator, melakukan operasi kompleks dari data yang berasal dari hardware komputer lain seperti mouse, keyboard, dan perangkat lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu dan fungsi CPU ‘kan?

Lalu, komponen-komponen apa saja yang ada pada CPU? Berikut 10 bagian utama komponen CPU dan fungsinya dilengkapi dengan gambar.

Penutup

Untuk menghasilkan hasil yang memuaskan ketika merakit komputer, baik itu untuk keperluan game, desain grafis atau yang lain Anda harus mempersiapkan budget lebih.

Umumnya, bagian utama CPU seperti motherboard, prosessor, VGA, casing, Power Supply yang bagus di-bandrol dengan harga yang lebih tinggi karena performa dan teknologi yang ditawarkan juga terbilang lebih baik dibandingkan yang harga murah.

Agar Anda tidak kerepotan ketika ingin upgrade komputer, pilih motherboard dan prosessor yang high-end karena komponen CPU yang lain harganya jauh lebih murah dibandingkan perangkat komputer yang teknologinya sudah tertinggal seperti RAM DDR2.

Bagi Anda yang ingin merakit PC gaming tapi Anda hanya mempunyai budget “pas-pasan”, sebaiknya memilih platform AMD daripada Intel.

Jangan lupa juga untuk membaca review bagian-bagian utama CPU sebelum membelinya agar Anda mendapatkan informasi detil mengenai perangkat tersebut.

Reply