Cara Setting WiFI Modem ZTE F609

Cara Setting WiFI Modem ZTE F609 – Bagi Anda yang berlangganan internet dengan penyedia jasa internet (ISP) Telkom, baik itu IndiHome (Fiber Optik) atau Speedy (Tembaga), pastinya akan diberikan pinjaman perangkat yaitu sebuah modem. Salah satu merek dan tipe modem yang paling banyak digunakan oleh pelanggannya adalah modem ZTE F609 yang dilengkapi dengan koneksi WiFI.

Saat teknisi Telkom memasang koneksi internet di tempat, secara otomatis WiFi modem F609 akan aktifkan selain menghubungkan komputer dengan modem tersebut menggunakan kabel UTP. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengkoneksikan ponsel, laptop, notebook atau perangkat lain yang mempunyai WiFI ke modem ZTE F609.

Sayangnya, sebagain pengguna lain justru ingin menonaktifkan Wi-FI modem ZTE F609 tersebut karena hanya menggunakannya di komputer desktop (PC) dan khawatir jika seseorang mencoba mengakses modemnya melalui koneksi nirkabel itu.

Untuk itu, pada postingan kali ini akan dibahas cara setting Wi-FI modem ZTE F609 seperti mengganti password, mengubah nama, menonaktifkan dan mengaktifkan Wi-FI. Kami juga menyertakan video tutorial pada akhir postingan untuk memudahkan Anda konfigurasi Wi-FI modem ini, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Setting WiFI Modem ZTE F609

Sebagai pengguna IndiHome atau Speedy, Anda harus mengetahui beberapa cara setting Wi-FI pada modem ZTE F609 seperti mengubah nama SSID, mengganti password, mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan nirkabel.

Anda mungkin pernah mendapati kecepatan koneksi internet yang Anda gunakan itu tiba-tiba lambat (lemot) atau mungkin terputus-putus. Padahal, hanya satu perangkat yang tersambung ke modem tersebut, penyebabnya bisa saja dikarenakan ada seseorang yang mengetahui password Wi-FI Anda.

Jika memang terjadi hal tersebut, Anda harus mengubah nama Wi-FI kemudian menonaktifkan atau mengganti password Wi-FI modem ZTE F609 segera.

Cara Mengubah Nama SSID WiFI Modem ZTE F609

Setting Wi-FI Modem ZTE F609 yang pertama harus Anda ketahui adalah mengganti nama SSID Wi-FI. Untuk mengetahui nama Wi-FI tersebut, Anda membutuhkan perangkat yang mempunyai wireless seperti smartphone atau laptop.

Untuk mengganti nama SSID Wi-FI, Anda harus mengaksesnya menggunakan web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lain dan pastikan Wi-FI dalam kondisi menyala dengan memerhatikan lampu indikatornya di modem kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi web browser kesukaan Anda.
  2. Ketikkan IP Address modem: 192.168.1.1 di address bar lalu tekan Enter.
  3. Isikan username: user dan password: user kemudian klik Login. Jika Anda tidak dapat login dengan username dan password tersebut, silahkan baca postingan sebelumnya tentang solusi lupa password modem ZTE F609.
  4. Setelah berhasil login, akan muncul halaman informasi perangkat kemudian klik menu +Network.
  5. Klik SSID Settings.
  6. Isikan nama SSID pada kotak isian SSID Name kemudian klik Submit.

Panjang karakter dari nama SSID Wi-FI yang diperbolehkan maksimal 32 karakter.

Cara Mengaktifkan WiFI Modem ZTE F609

Cara setting Wi-FI modem ZTE F609 kedua yang penting Anda ketahui adalah mengaktifkan SSID Wi-FI. Ada dua cara mengaktifkan Wi-FI pada modem ZTE F609 yaitu menggunakan tombol yang ada di belakang modem dan setting via web browser.

Jika lampu indikator Wi-FI pada modem tidak menyala, Anda cukup menekan tombol di bagian belakang modem yang bertuliskan “Wi-FI” atau bisa juga dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buka browser Anda.
  2. Ketikkan IP Address modem: 192.168.1.1 di address bar kemudian tekan Enter.
  3. Login dengan username: user dan password: user lalu klik Login.
  4. Klik +Network – Basic.
  5. Pada bagian Wireless RF Mode, pilih Enabled kemudian klik Submit.

Lampu indikator Wi-FI pada modem ZTE F609 akan menyala jika kita sudah berhasil mengaktifkannya.

Cara Menonaktifkan WiFI Modem ZTE F609

Cara menonaktifkan Wi-FI modem ZTE F609 hampir sama dengan cara diatas. Ini dimaksudkan jika Anda tidak ingin menggunakan koneksi nirkabel pada modem tersebut.

  1. Jalankan web browser Anda.
  2. Ketikkan IP Address modem: 192.168.1.1 di address bar lalu tekan Enter.
  3. Login dengan username: user dan password: user lalu klik Login.
  4. Klik +Network – Basic.
  5. Pada bagian Wireless RF Mode, pilih Disabled kemudian klik Submit.

Untuk memastikan apakah kita sudah berhasil menonaktifkan Wi-FI modem ZTE F609, pastikan lampu indikator Wi-FI padam atau tidak menyala.

Cara Mengganti Password WiFI Modem ZTE F609

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui adalah cara mengganti password Wi-FI modem ZTE F609. Dengan mengganti password Wi-FI secara berkala, maka orang tidak akan mudah membobol Wi-FI modem kita.

  1. Buka browser Anda.
  2. Ketikkan IP Address modem: 192.168.1.1 di address bar lalu tekan Enter.
  3. Login dengan username: user dan password: user kemudian klik Login.
  4. Klik +Network – Security.
  5. Pada kotak isian WPA Passphrase, ketikkan password yang Anda inginkan kemudian klik Submit.

Panjang karakter password yang bisa Anda masukkan pada kotak isian ini maksimal 63 karakter. Sebaiknya gunakan password dengan panjang minimal 8 karakter yang terdiri dari angka, huruf dan karakter unik seperti !$#* tapi mudah Anda ingat.

Jika Anda masih bingung dengan tutorial diatas, silahkan lihat video yang sudah kami upload di channel YouTube MAZAGENA.COM di bawah ini.

Tutorial Video Setting Wi-FI Modem ZTE F609

Beberapa cara setting Wi-FI modem ZTE F609 sangat penting untuk Anda ketahui baik itu pengguna rumahan atau pengusaha warnet game online agar Anda tidak perlu lagi memanggil teknisi Telkom ataupun membuat tiket jika ada seseorang yang mencoba bobol koneksi Wi-FI modem Anda.

Ingat, jangan pernah membagikan password Wi-FI kepada orang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2 Comments

  1. Bancole

Reply