Tips Sukses Memulai Usaha Warnet dan Game Online Agar Tidak Bangkrut dan Bertahan Lama

Ingin memulai usaha warnet dan game center yang sukses tapi pesimis karena banyak orang yang tidak berhasil, bangkrut dan tidak bertahan lama menjalankan bisnis warnet dan game center ini?

Anda hanya perlu membaca beberapa tips memulai usaha warnet dan game online ini.

Saat ini, sudah banyak warnet game online yang menjamur di daerah perkotaan, khususnya di dekat sekolah, kantor, kampus dan tempat keramaian yang lainnya. Akan tetapi, banyak diantara mereka yang baru merintis usaha ini cepat “gulung-tikar” sebab tidak tahu tips usaha warnet dan game online.

Dengan tips ini, kita berharap agar nantinya keuntungan usaha warnet meningkat atau maksimal walaupun dengan modal usaha yang terbilang kecil.

Saya masih ingat, waktu masa-masa kuliah beberapa tahun yang lalu, warnet dan game online sangat mudah dijumpai dekat rumah kost.

Banyak orang yang ingin memulai usaha warnet dan game online karena omset warnet yang menjanjikan dan juga prospek usaha warnet masih menjanjikan hingga saat ini. Hal ini saya buktikan sendiri dengan memulai usaha warnet dan game online sekitar 1 tahun yang lalu hingga sekarang.

Usaha warnet dan game online dengan mudah dapat dijalankan oleh siapapun, dan jika fokus maka modal warnet dapat cepat kembali.

Penasaran? Baca tips memulai usaha warnet dan game online berikut ini.

1. Survei dan Temukan Lokasi Yang Tepat Pasar

tips mencari lokasi usaha warnet dan game online

Salah satu penyebab banyak orang yang usaha warnetnya tidak bertahan lama dan cepat tutup dikarenakan salah memilih lokasi warnet. Kita harus melakukan survey terlebih dahulu sebelum menentukan lokasi warnet, apakah ini bagus atau tidak.

Tidak hanya ramai tapi disekitar lokasi yang akan dijadikan warnet dan game center juga harus punya pemain yang banyak

Kebanyakan warnet, memilih lokasi yang dekat dengan keramaian, sekolah, tempat kursus, bimbel, kampus atau kantor. Kita memang harus memilih lokasi warnet yang ramai dengan jumlah penduduk yang cukup padat.

Jangan lupa juga mempertimbangkan masalah dukungan penyedia ISP di lokasi yang akan dipilih, apakah terjangkau dengannya atau tidak. Lokasi yang tepat, dan jumlah penduduk yang padat percuma saja jika tidak dapat dijangkau oleh penyedia ISP.

Besarnya kecepatan internet (bandwidth) akan sangat berpengaruh dengan ramai atau tidaknya warnet Anda nanti. Usaha warnet dan game online butuh penyedia ISP yang bagus untuk mendapatkan konseksi internet cepat.

2. Ketahui Pelanggan Anda

bermain di warnet dan game center

Ini adalah salah satu hal yang juga terbilang penting untuk diperhatikan saat baru mau membuka usaha warnet dan game online.

Jika kita sudah melakukan survei, akan ada gambaran nantinya apakah pelanggan yang ada di lokasi warnet tersebut adalah anak kecil (bocil) atau orang dewasa. Saat ini, banyak anak kecil atau remaja yang suka bermain game online dibandingkan bermain game di rumah.

3. Pilih ISP, Perangkat dan Fasilitas Yang Tepat

headset terbaik warnet

Jangan asal beli peralatan warnet seperti komputer dan lainnya tanpa memperhatikan target pelanggan diatas tadi. Usaha warnet yang hanya diperuntukkan untuk browsing (warnet standar), bukan untuk game online dengan grafis tinggi (warnet mewah), tidak perlu spesifikasi komputer yang bagus hanya perlu prosesot pentium IV 1,6GHz, RAM 512MB, VGA 512MB, dan HDD 80 GB.

Berbeda dengan warnet dan game center, harus punya peralatan, spesifikasi komputer dan fasilitas yang cukup bagus untuk memainkan game online yaitu PC Gaming, aksesoris gaming, dan monitor LED yang agak besar, kisaran 20 inchi atau diatasnya.

Menggunakan fasilitas yang terbaik akan memberikan kenyamana untuk pelanggan warnet agar bertambah ramai dan betah tinggal berlama-lama untuk bermain game di warnet dan game online.

Warnet dengan desain menggunakan kursi, sebaiknya menggunakan kursi gaming, tapi jika warnet desain lesehan, gunakan tikar yang kuat, lembut dan nyaman diduduki. Jangan lupa untuk memberikan fasilitas seperti kipas angin/AC, Toilet dan lainnya juga.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah koneksi internet warnet yang digunakan, patch game dan benefit game online.

Jangan asal memilih bandwidth yang nantinya membuat pelanggan justru tidak nyaman karena game online lag, nonton video streaming “macet-macet” atau aktifitas online yang lainnya.

Saat ini, ada beberapa layanan patch game online yang gratis disediakan oleh publisher game online di Indonesia seperti Cyberindo dan Gacape.

Dengan menggunakan layanan dari Cyberindo, pelanggan akan otomatis akan mendapatkan benefit game GCA Garena Indonesia.

4. Usaha Sampingan Warnet

usaha sampingan warnet

Dengan fasilitas yang bagus, pelanggan akan menghabiskan banyak waktu untuk bermain. Hal ini yang membuat kita memungkinkan untuk buka usaha sampingan warnet seperti jual mie instan, kopi, rokok, makanan ringa, minuman dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, kita juga dapat menjual voucher game online atau usaha lain seperti cetak foto, fotocopy, atau video shooting jika memungkinkan.

Itulah artikel tentang tips usaha Warnet dan Game Online, memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, harus dipikirkan dengan baik-baik agar warnet ramai, pendapatan warnet meningkat dan bertahan lama serta sukes dalam usaha tersebut.

Anda punya sudah siap atau punya tips lain saat ingin buka usaha warnet dan game online? Silahkan berkomentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.