Cara Update BIOS Motherboard ASUS P5G41T-M LX3 Terbaru

Sudah mencoba berbagai cara memperbaiki CPU yang mati sendiri? Ketika selesai update konfigurasi BIOS seperti ubah tanggal dan setting first boot, komputer restart otomatis tapi tidak ada tampilan dilayar sementara CPU nyala.

Ini tentu akan membuat Anda masih bingung atau mungkin penasaran.

Awalnya, CPU tidak bisa menyala tapi setelah clear CMOS dengan melepas baterai motherboard 5-10 menit justru komputer bisa nyala lagi tapi setelah setting BIOS dan komputer restart, CPU hidup tapi tidak ada tampilan di layar.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah ini saat mencoba menyalakan CPU komputer tidak ada muncul tampilan dilayar sehingga mencoba beberapa alternatif berikut.

  • Mencabut kabel power, kabel LAN, USB mouse, keyboard dan speaker yang menancap di CPU
  • Membuka casing dan melepaskan semua kabel termasuk baterai BIOS dan VGA yang menancap di motherboard
  • Membersihkan memori RAM dengan penghapus pensil
  • Mengganti pasta prosesor

Alhasil, beberapa cara diatas hasilnya sama saja (komputer mati total setelah setting BIOS dan restart). Setelah komputer dinyalakan dan selesai setting tanggal dan booting, CPU nyala tapi layarnya mati (tidak ada tampilan di monitor) setelah restart.

Akhirnya, saya berinisiatif untuk update BIOS Motherboard.

Update BIOS sering juga disebut dengan flash BIOS atau upgrade BIOS yang berfungsi untuk menghapus dan memasukkan sistem terbaru yang mampu mengenali hardware terbaru termasuk prosesor dan memperbaiki bugs yang ada.

ASUS P5G41T-M LX3 adalah merek dan seri motherboard yang saya update pada tutorial ini. Seri ini belum mendukung RAM DDR4, masih DDR3 dengan dua slot RAM maksimal yang bisa ditancapkan.

Nah, bagi Anda yang sudah mencoba keempat cara diatas tapi masih mendapati masalah CPU nyala tapi tidak ada tampilan dilayar dapat mencoba update BIOS

Sayangnya, flash BIOS motherboard ASUS P5G41T-M LX3 jarang dilakukan dan jika terjadi salah setting, kemungkinan besar motherboard tidak bisa nyala, berikut cara mudah update BIOS motherboard tersebut.

Persiapan Update BIOS Motherboard

  • Flashdisk 256 MB atau 1 GB.
  • Download file .ROM BIOS ASUSP5G41T-MLX3 versi 0601 disini.
  • Gunakan UPS untuk menghindari listrik padam yang dapat mengakibatkan gagal upgrade.

Setelah persiapan diatas selesai, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Mudah Update BIOS ASUS P5G41T-M LX3

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengupdate BIOS ASUS P5G41T-M LX3 adalah mencopy file .ROM yang sudah didownload pada link yang tersedia diatas ke flashdisk atau CD/DVD.

  1. Tancapkan flashdisk ke port USB.
  2. Nyalakan komputer, tekan tombol F1 untuk masuk BIOS komputer.
  3. Setelah masuk BIOS, pilih tab Tools dengan menekan tombol arah panah kanan.
  4. Pilih ASUS EZ Flash 2 dan tekan tombol Enter.
  5. Saat muncul jendela konfirmasi dengan tulisan “Start ASUS EZ Flash 2 Utility?”, pilih OK dengan menekan tombol Enter sekali lagi.
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela ASUStek EZ Flash 2 BIOS ROM Utility kemudian tekan tombol Tab di keyboard untuk memilih direktori dan file .ROM.
  7. Pilih file .ROM yang ada di flashdisk tersebut kemudian tekan tombol Enter.
  8. Jika muncul jendela konfirmasi “Are you sure to update BIOS?”, pilih Yes untuk memulai proses update BIOS dengan menekan tombol Enter.
  9. Tunggu sampai proses flashing BIOS motherboard selesai.
  10. Komputer akan restart otomatis yang menandakan proses update BIOS sudah berhasil.

Anda harus berhati-hati menggunakan file .ROM ketika ingin mengikuti cara update BIOS ASUS P5G41T-M LX3 diatas. Pastikan menggunakan file .ROM BIOS yang benar dan listrik tidak padam saat melakukan proses flashing BIOS untuk mencegah terjadinya gagal update seperti motherboard mati total.

Selamat mencoba!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.